0
Toyota Group - Jakarta -Toyota dan grupnya memasang target kenaikan nilai ekspor tahun 2015 sebesar 10%. Target kenaikan ekspor mobil itu tak berubah dari yang semula dicanangkan meski wilayah tujuan ekspor mobil Toyota yakni Timur Tengah sedang menghadapi situasi politik yang memanas.
 "Arab Saudi yang merupakan pasar terbesar kami di Timur Tengah memang tengah memanas hubungannya dengan Yaman. Tapi permintaan mobil sejauh ini masih tak berubah. Begitu pun dengan Yaman," tutur Director Corporate and External Affair PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), I Made Dana Tangkas, di Jakarta, Rabu (29/4/2015).




Selain itu, kata Made, permintaan negara lain di kawasan itu, antara lain Kuwait, Bahrain, Uni Emirat Arab, Oman, Qatar masih terus terjadi.

"Selain itu, kita memproduksi kendaraan itu kan by order. Bukan semata-mata karena kita tetapkan sendiri. Dan sejauh ini permintaan masih oke," paparnya.

Hingga kuartal pertama lalu Toyota dan grup telah mengekspor 44.000 unit atau naik 30,3 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya. Kuartal pertama 2013, ekspor sebanyak 33.800 unit. Made juga menambahkan, meski kinerja eskpor naik, pihaknya juga tak serta merta menaikan produksi atau menggeser jatah pasar dalam negeri untuk diekspor.

"Sekali lagi, soal produksi kami itu by order atau pull by demand," ucapnya. Dengan sifat produksi yang seperti itu, maka Toyota juga tidak akan memangkas jumlah produksi.

Selama ini jumlah kapasitas produksi terpasang rata-rata mencapai 250 ribu unit per tahun. Seperti diketahui dalam beberapa pekan terakhir hubungan politik antara Arab Saudi dengan tetanggana, Yaman memanas.

Bahkan kontak senjata telah terjadi antara tentara dua negara tersebut. Pada sisi lain, isu memanasna politik juga terjadi di Libanon, Suriah, dan beberpa negara lain terkait aksi kelompok militan - -

Selanjutnya, klik baca lebih lanjut tentang MOBIL  juga klik baca lebih tentang MOTOR.
Suka Artikel ini? Ayo "Subscribe" berlangganan via Email atau twitter untuk mendapatkan update-nya setiap harinya! 
Be My Friends at FaceBook  Follow us twitter: @kikimiqbalsoft

Post a Comment

 
Top